3.9 Menerapkan perangkat lunak pengolah gambar bitmap (raster)
4.9 Menggunakan perangkat lunak pengolah gambar bitmap (raster)
Penggunaan komputer sebagai alat bantu ilustrasi bahkan melahirkan konsep digital illustration (ilustrasi digital). Banyak sektor yang memerlukan ilustrasi jenis ini, mulai dari biro iklan, penerbitan, percetakan, fotografi, perfilman, hingga televisi. Tak heran saat ini banyak dibutuhkan tenaga kerja yang dapat membuat ilustrasi digital.

Komputer dibekali software grafis sebagai alat pembuat dan pengolah ilustrasi. Jika Anda tertarik dengan dunia ilustrasi digital, Anda harus menguasai software grafis. Setelah mempelajari software grafis berbasis vektor, sekarang Anda akan mempelajari software grafis berbasis bitmap. Anda akan mempelajari cara menggunakan software hingga membuat desain atau ilustrasi sederhana. Setelah mempelajari materi ini diharapkan Anda dapat mengoperasikan Adobe Photoshop, mengolah gambar, hingga membuat dokumen grafis sederhana.

Sebelum mempelajari materi ini, coba bacalah peta konsep di bawah ini agar Anda mudah memahami alur pembelajarannya.


Berikut ini adalah urutan pokok pembahasan yang akan kita pelajari :
  1. Mengenal perangkat lunak pembuat grafis bitmap
  2. Mengenal wilayah kerja perangkat lunak pembuat grafis bitmap
    • Membuka Adobe Photoshop
    • Komponen-komponen dalam wilayah kerja Adobe Photoshop
  3. Mengenal menu Adobe Photoshop
    • Menu file
    • Menu edit
    • Menu image
    • Menu layer
    • Menu select
    • Menu filter
    • Menu view
    • Menu window
    • Menu help
  4. Lebih jauh mengenai toolbox
    • Selection tools
    • Crop and slice tool
    • Retouching tools
    • Painting tools
    • Drawing and type tools
    • Annotation, measuring, and navigation tools
    • Kotak set foreground color dan set background color
  5. Membuat dan menyimpan dokumen baru
  6. Menggunakan menu
    • Membuka file
    • Mengatur ukuran gambar dan kanvas
    • Mengatur resolusi gambar
    • Mengatur gelap-terang gambar
    • Mengatur mode gambar
  7. Menggunakan ikon
    • Menggambar kurva tertutup menggunakan garis lurus
    • Menggambar kurva tertutup menggunakan garis lengkung
    • Memahami kurva
  8. Mengenal dan menggunakan layer
    • Mengubah nama layer
    • Menambah layer
    • Menghapus layer
    • Mengatur urutan layer
  9. Membuat dokumen grafis
    • Membuat tampilan bola bumi
    • Membuat teks
    • Membuat objek rumput dan bunga
    • Membuat efek kilau bintang

Komentar

Postingan populer dari blog ini